Senin, 04 Desember 2017

Camkan! Wapres JK Bilang, Kemakmuran Bertumpu Pada Teknologi


Wapres JK meresmikan berdirinya Jusuf Kalla Innovation and Entrepreneurship Center (JKIEC), pada Senin (4/11/2017). JKIEC menjadi salah satu pusat penelitian di lingkungan Universitas Brawijaya (Unibraw), Malang.

Wapres JK juga menjadi pembicara utama dalam Seminar Nasional dengan tema ‘Hilirisasi Inovasi Teknologi dan Start-up Bisnis’ sebagai rangkaian acara peresmian tersebut. Wapres berharap, JKIEC menjadi kawah candradimuka untuk menghasilkan pengusaha kreatif dan inovatif dalam memberikan solusi tehadap permasalahan yang muncul di masyarakat.

“Universitas Brawijaya ingin mendedikasikan pengabdian kepada inovasi, bagaimana hasil penelitian ilmiah menjadi sebuah barang berharga. Fungsi riset tidak lagi mengumpulkan hasil penelitian, tetapi bagaimana menemukan metode baru untuk menjawab persoalan dengan lebih baik,” kata Wapres dalam pidatonya.

“Saya mengucap banyak terima kasih dengan kesediaan Unibraw mendirikan pusat inovasi ini, saya berharap adanya Innovation and Entrepreneurship Center dapat menyambungkan dunia pendidikan yang menemukan dan mengembangkan teknologi dengan dunia usaha,” kata Wapres JK.

Menurut Wapres, sebuah negara tak bisa menggantungkan pembangunan ekonomi kepada hasil bumi dan kekayaan sumber daya alam. Contoh paling nyata adalah krisis ekonomi-politik yang terjadi di Venezuela, Saudi Arabia dan negara-negara Afrika.

Kekayaan sumber daya alam ternyata tak menjadi jaminan negara-negara tersebut menjadi maju. Mereka justru menjadi tertinggal karena tidak mendidik masyarakatnya untuk mengembangkan teknologi.

“Dulu Venezuela adalah negara dengan cadangan minyak bumi terbesar, negara terkaya di benua Amerika. Tetapi, kini justru menjadi negara termiskin dan jatuh dalam krisis ekonomi. Indonesia dengan kekayaan alam berlimpah, harus berupaya mengembangkan teknologi dan kemampuan manajemen,” sebut JK.

‘Hilirisasi Inovasi Tehnologi dan Start-up Bisnis’, kata Wapres JK, memberikan peluang bagi kalangan pengusaha muda. Banyak hasil penelitian dari universitas yang bisa dikembangkan lebih lanjut menjadi bisnis yang menguntungkan.

“Jadi generasi muda sebaiknya tak lagi ingin jadi PNS, karena yang direkrut toh cuma sedikit. Sekarang membuka usaha tidak perlu punya toko atau barang, dan pengusaha seusia saya tak mungkin lagi melakukan hal yang bisa dilakukan anak muda sekarang,” kata JK.

Wapres JK menambahkan sebaiknya hasil riset tidak hanya untuk pameran, tetapi harus memiliki nilai jual dan dapat dikomersialisasikan.

Di acara ini, Wapres JK hadir didampingi Ibu Mufidah Kalla, Menteri Ristekdikti Prof. M. Nasir, Wagub Jatim Saifullah ‘Gus Ipul’ Jusuf, dan Wali Kota Malang Mochammad Anton.

Sumber: Bakubae.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Golkar Luwu Timur Siap Berjuang Menangkan NH-Aziz

Ketua DPD II Golkar Luwu Timur (Lutim), Thorig Husler, menegaskan seluruh kader partai berlambang beringin siap berjuang untuk memenangka...